"EUFORIA ASIA 2024" - HIMASEKTA FP-UNAND

Senin, 25 Maret 2024

"EUFORIA ASIA 2024"

 EUFORIA ASIA 2024




Hari Sabtu tanggal 2 Maret 2024 merupakan hari terakhir sekaligus penutup dari event tahunan terbesar Himasekta FP Unand yakni Agricultural Socioeconomic 2024 atau biasa kita kenal dengan nama ASIA. Pada tahun ini, ASIA dilaksanakan selama 9 hari mulai dari tanggal 23 Februari 2024 sampai 2 Maret 2024. ASIA 2024 diawali dengan Opening Ceremony dan ditutup dengan Penganugerahan ASIA 2024.

Adapun tema dari ASIA 2024 adalah "Memupuk kepeduliaan, Merawat Kebudayaan, dan Menjadi Pewaris Peradaban". Secara umum ASIA 2024 terdiri dari sebelas kegiatan yaitu Opening Ceremony, Rangking 1, Photography, Pengabdian Masyarakat, HIMASEKTA CUP (Futsal Umum, Futsal Agkatan, dan Badminton), Seminar Nasional, E-SPORT, EXPO, Debat Mahasiswa, Business Plan, dan Penganugerahan ASIA 2024.

ASIA 2024 diawali dengan Opening Ceremony pada 23 Februari 2024 di Ruang Seminar Gedung I sebagai tanda resmi dibukanya ASIA tahun ini. Opening Ceremony juga dihadiri oleh Ketua Departemen Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Andalas yakni Bu Hasnah,, SP. DipAgEc. M.Ec. Ph.D. Opening Ceremony ASIA kali ini mengangkat tema "Melangkah Bersama Untuk Menjadi Generasi Yang Berintegrasi dan Menginpirasi".

Ranking 1 dilaksanakan pada hari dan tempat yang sama dengan Opening Ceremony. Ranking 1 tak kalah menarik dengan Opening Ceremony karena banyak partisipasi dari mahasiswa dan mahasiswi angkatan aktif Sosial Ekonomi Pertanian FP Unand. Rangking 1 diangkatkan dengan latar belakang  bahwa pengembangan kognitif dan pengetahuan umum mahasiswa memiliki dampak positif yang besar terhadap perkembangan akademis dan profesional. Dalam masyarakat yang terus berkembang, kemampuan untuk memahami dan merespons dengan cepat terhadap informasi kompleks menjadi keterampilan yang sangat dihargai.

Salah satu kegiatan baru pada ASIA 2024 yaitu Lomba Fotografi dengan tema "Pertanian Sejuta Warna, Budaya Sejuta Cerita". Kegiatan ini dilaksanakan secara online dan diikuti oleh berbagai peserta dari seluruh Indonesia. Dan adapun kegiatan rutin ASIA pada tiap tahunnya yakni Pengabdian Masyarakat dilaksanakan dengan kegiatan yang sedikit berbeda pada tahun ini. Pengabdian Masyarakat pada tahun ini dilaksanakan pada dua tempat yaitu Rumah Pintar Sungkai dan Bukik Ase dengan kegiatan berbagi buku bacaan anak dan remaja dengan target mencerdaskan dan memupuk semangat literasi pada anak - anak serta remaja.

Futsal Umum kembali masuk dalam rangkaian ASIA tahun ini yang tergabung dalam rankaian HIMASEKTA CUP. Tak hanya itu, HIMASEKTA CUP tahun ini juga memiliki rangkaian acara Futsal Angkatan dan Badminton dengan tujuan untuk mempererat hubungan antar angkatan, alumni, dosen, dan seluruh keluarga besar Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Andalas.

Untuk memotivasi generasi muda agar mempunyai ide dan inovasi yang nantinya dapat dimanfaatkan dalam pemanfaatan teknologi secara digital dalam proses mewujudkan bisnis pertanian, ASIA 2024 mengangkatkan Seminar Nasional dengan tema "Manajemen Inovasi, Transformasi Bisnis, dan Penguatan Petani dalam Berkelanjutan". Seminar Nasional pada tahun ini dilaksanakan secara online dan offline (hybrid).

Dalam rangka membantu memasarkan produk UMKM, ASIA tahun ini memberikan wadah untuk UMKM dengan mengadakan EXPO pada tanggal 27-29 Februari 2024 di PKM Unand dengan tema "Generasi Kreatif, Inovatif, Berani Berbisnis". Tak jauh dari lingkup ekonomi, dalam rangka mendukung mendukung pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lingkungan bisnis yang inovatif, lomba business plan menjadi sebuah platform yang sangat penting. Oleh karena itu, tahun ini ASIA mengangkat lomba business plan agribisnis bagi mahasiswa menjadi langkah proaktif dalam mengajak generasi muda untuk terlibat dalam pengembangan solusi inovatif dan berkelanjutan di sektor pertanian. Business Plan pada tahun ini dilaksanakan secara hybrid karena terdapat banyak peserta yang berasal dari luar Sumatera Barat.

Debat mahasiswa dengan tema “Optimalisasi Minat Generasi Muda dalam Ekspansi Pertanian Berkelanjutan yang Bersinergi, dan Berteknologi Tinggi” memberikan kesempatan emas bagi para mahasiswa untuk mengembangkan beragam keterampilan yang esensial dalam kehidupan akademis dan profesional. Debat Mahasiswa pada tahun ini diikuti oleh berbagai mahasiswa dari seluruh Indonesia, dari Universitas Riau hingga Universitas Padjajaran.

Penganugrahan ASIA merupakan suatu kegiatan yang tidak hanya memberikan apresiasi terhadap suatu prestasi, tetapi juga memberikan motivasi dan mempererat rasa kebersamaan berbagai elemen yang terlibat. Penganugrahan ASIA  tahun 2024 mengangkat tema “Harmoni dalam Keberagaman Bersama Meraih Kemenangan”. Kegiatan ini bukan sekadar upacara formal, melainkan sebuah momentum penting untuk merayakan kerja keras, dedikasi, dan inovasi yang telah membawa perubahan positif.

Dan banyak terima kasih untuk seluruh pihak yang telah mendukung ASIA 2024  seperti PT. Bukit Asam, PT. Andalas Dolomit Sejahtera, Pondok Aciak Jaya, CV. Tani Makmur Sejahtera Bersama, Kamtumi Coffee, Alvanza, PT. Rohto Laboratories Indonesia, Bank Nagari, PDAM, Tatitatu, Soul Puncak Lawang, CV. Syifa, PT. SSBV, dan Ibu Linda SOSEK.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar