- HIMASEKTA FP-UNAND

Sabtu, 26 Desember 2020

 

HIMAKSEKTA FP-UNAND Melaksanakan Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis (DETIK) Secara Daring

Hari Minggu tanggal 13 Desember 2020 telah dilaksanakan kegiatan pelatihan jurnalistik dan desain grafis oleh HIMASEKTA-FP UNAND yang dilangsungkan secara online melalui room zoom. 

Kegiatan Detik merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh divisi IT dan Jurnalistik HIMASEKTA Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Kegiatan Detik meliputi pelatihan jurnalistik dan desain grafis yang ditujukan untuk mahasiswa baru, agar nantinya jurnalistik serta desain grafis dapat membantu mereka untuk  kreatif dan inovatif sebagai mahasiswa dan milenial.

Kegiatan diawali dengan muqadimah oleh MC, dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Dian Pertanian. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua pelaksana, Saudara Dzulfikri dan kata sambutan oleh ketua HIMASEKTA Saudara M. Elvino Rianza. Setelah acara sah dibuka oleh pembina HIMASEKTA dan acara diserahkan kepada moderator, barulah beberapa materi disampaikan oleh pemateri yang sudah diundang. Adapun tema yang diangkat dalam pelatihan Detik, yaitu “Pemanfaatan Desain Grafis dan Jurnalistik di Era Digital pada Sektor Pertanian.”

Penyampaian materi jurnalistik dilakukan oleh Bapak Rafnel Azhari, S.P., M.Si. Beliau menyampaikan mengenai cara-cara menulis opini di media. Dalam menulis opini di media, kita harus melihat fakta dan realita yang sesungguhnya baru mengemukakan opini kita terhadap berita dan isu-isu yang sedang viral di lingkungan masyarakat. Selain itu, dalam penulisan opini di media kita harus mampu menarik pembaca untuk tertarik melihat dan membaca opini kita melalui judul opini yang bagus dan menarik. Diakhir penyampaian materi Bapak Rafnel memberikan pesan kepada seluruh peserta pelatihan, “Harus ada motivasi untuk menggerakkan niat kita yang sudah lama tertunda. Jika malas dan kehabisan ide boleh jeda sebentar, tapi jangan sampai ide itu menyerah bersama kemalasan kita.”

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai desain grafis oleh Rizki Mitra Hamdani, S.I. Kom selaku founder KIMIT Production dan alumni Universitas Sumatera Utara yang sudah memiliki pengalaman dan bekerja dibidang desain grafis dan video editor. Penyampaian materi desain grafis meliputi, pengertian desain grafis, pemaknaan warna dalam desain yang dibuat, unsur-unsur yang terdapat dalam desain, dan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat desain grafis tersebut. Setelah penyampaian materi desain grafis, kegiatan diberi jeda untuk shalat ashar kepada peserta di room zoom.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan desain grafis menggunakan salah satu aplikasi desain yang dapat diakses menggunakan android secara offline ataupun online, yaitu Pixellab. Saudara Rizki memberikan tips-tips dan cara membuat desain poster yang baik dan benar. Pemateri juga memberikan informasi beberapa aplikasi dan website yang mampu membantu peserta dalam membuat desain grafisnya, seperti remove background, Pixabay, Pixels, Adobe Colour, Colour Education, dan lainnya. Pemateri juga menjawab beberapa pertanyaan dari peserta yang bertanya mengenai penggunaan outline dalam pengeditan foto dan beberapa tips pencampuran warna dalam membuat desain. Sebagai penutup, pesan yang disampaikan oleh Saudara Rizki, “Zaman sekarang desain grafis sangat penting dan dibutuhkan oleh semua kalangan, bukan hanya sebagai hobi tetapi juga dibutuhkan oleh semua korporasi, organisasi, dan lapisan masyarakat umum,” tambahnya, “Di era teknologi digital yang serba cepat kita harus mampu menciptakan peluang kita sendiri.”

Sebagai penutup, panitia menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada masing-masing pemateri setelah penyampaian materi dilakukan. Selanjutnya, dilakukan kegiatan foto bersama dengan seluruh peserta, pemateri, dan panitia. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan semua peserta yang tergabung dalam room zoom dapat mengaplikasikan jurnalistik dan desain grafis dalam membuat karya-karya yang kreatif dan dapat melakukan perubahan dengan karya yang dibuat terutama dalam sektor pertanian.

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar